Ini Komponen yang Rawan Rusak Ketika Mobil Terobos Banjir


Ketika musim hujan tentunya banyak jalanan yang tergenang, bahkan ada yang lebih parah lagi banjir yang cukup tinggi. Dengan kondisi demikian, tentunya pada musim hujan ini banyak kendaraan yang rentan terkena banjir.

Ada beberapa spare part mobil yang bahaya apabila kena banjir, terutama perangkat elektronik. Nah, dengan demikian Otosia telah merangkum beberapa bagian kendaraan yang harus dicek atau perlu diganti apabila mobil sudah terkena banjir.

Perangkat Electronic Control Unit (ECU) sangat rentan mengalami kerusakan ketika terkena air. Apalagi bila menerjang genangan air dengan ketinggian lebih dari 20 sentimenter.

Biasanya ketika terkena air, ECU mengalami korsleting. Perangkat itu memang diletakkan di bagian dalam dasbor mobil, namun tidak menutup kemungkinan apabila pengendara memaksakan menerjang banjir air bisa masuk ke bagian dalam.

Biasanya, tanpa disadari cipratan air saat menerjang banjir bisa mengenai ECU. Inilah yang sering menyebabkan korsleting.

Bila ECU korsleting maka mesin mobil tidak akan hidup. Seluruh sistem kontrol mesin sangat bergantung pada alat ini. Tentunya apabila ECU rusak malah akan menyulitkan.

Nah kalau ECU mobil ini ada yang bisa diservis dengan cara mengganti IC. Tapu kalau ECU di mobil keluaran terbaru, atau sekitar 2010 ke sini sulit diservis karena komponennya kecil.

Jadi jangan sekali-kali mencoba menerobos banjir ketika menggunakan mobil. Selain akan membuat mobil rusak, tentunya akan sangat menyulitkan dan harus mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan.




[otosia.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar