Danau Rawa Pening Ambarawa


Rawa Pening merupakan sebuah danau yang menjadi salah satu tempat rekreasi favorit di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran, danau ini meliputi 4 kecamatan, Kecamatan Bawen, Ambarawa Tuntang serta Banyubiru. Rawa Pening ini terlihat cukup jelas dari jalan raya Semarang – Solo, dan tampak lebih dekat lagi dari Jalan Lingkar Ambarawa.

Danau ini oleh sebagian masyarakat setempat dimanfaatkan sebagai lahan untuk mencari ikan, karena itu banyak perahu perahu kecil berada di sekitaran danau ini.

Enceng gondok tumbuh pesat di sini, dan karena terlalu pesat membuat sebagian besar area tertutupi enceng gondok. Beragam cara dilakukan untuk mengurangi populasinya, seperti pemanfaatan enceng gondok untuk kerajinan hingga pemanfaatan sebagai makanan ternak, namun sepertinya belum maksimal, sehingga masih banyak terdapat enceng gondok di permukaan.

Rawa Pening ini sangat digemari sebagai tempat memancing, menyegarkan pikiran hingga tempat favorit berburu foto. Hunting foto di danau ini paling seru saat pagi dan sore hari, dengan obyek paling utama tentu warga setempat yang sedang menjala ikan dengan background sunrise atau sunset.


Rawa Pening
Alamat Lokasi: Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
Koordinat: 7°17′S 110°26′E 7°17′S 110°26′E
Luas permukaan: 2.670 hektar



[exploresemarang.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar