Pahami Alur Kembang Ban Kendaraan agar Tak Salah Pilih


Sebagai penopang bobot dan juga pedukung kinerja laju kendaraan, ban merupakan bagian yang tak boleh dianggap remeh, baik dari jenis maupun alur kembangnya (kontur). Kontur ban ini penting untuk dicermati karena akan berpengaruh pada kinerja kendaraan yang optimal.

Para pemilik kendaraan baiknya mulai lebih memahami beberapa jenis ban yang sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Memilih ban secara tepat berdampak pada performa kendaraan dan konsumsi bahan bakar.

Sebelumnya Beritagar.id pernah menuliskan tentang cara membaca kode pada dinding ban dan pentingnya mengontrol tekanan angin.

Kali ini kami akan membahas mengenai alur kembang pada ban dan apa saja keunggulan dan kelebihan dari masing-masing kontur tersebut.

Pengetahuan akan bentuk kembang ban ini penting agar kita bisa mengetahui jenis ban apa yang sebenarnya digunakan oleh kendaraan yang kita pakai. Apalagi musim hujan yang telah tiba membuat jalanan menjadi licin dan, mungkin, berlumpur sehingga kita bisa tahu apakah ban yang terpasang di kendaraan kita sudah aman untuk melibas kondisi jalan seperti itu.

Berikut ini alur kembang yang umum terdapat pada ban yang dijual di Indonesia, seperti kami sarikan dari laman Bridgestone dan Mobilku.org:


Alur Kembang RIB


Alur berbentuk RIB ini dibuat vertikal mengelilingi permukaan ban. Jenis ini paling umum dan banyak digunakan untuk kendaraan niaga ringan atau angkutan kota. Ban dengan tipe alur ini sangat cocok untuk jalanan aspal, mobil bertipe MPV atau mobil Niaga, bahkan truk dan bus.

Keunggulan ban jenis ini adalah stabilitas terhadap pergerakan lurus yang baik dan panas yang ditimbulkan akibat gesekan dengan aspal tergolong rendah sehingga sangat cocok untuk kecepatan tinggi.

Akan tetapi ban jenis ini daya cengkeramnya rendah dan cenderung cepat habis dan pecah bila tekanan dan rotasi putar udara di dalamnya terlalu tinggi.


Alur Kembang LUG


Alur LUG adalah alur horizontal yang menyudut ke arah kanan ban. Kontur seperti ini dirancang untuk lebih mengoptimalkan traksi ban guna menghindari slip, seperti dijelaskan laman Bridgestone.

Pola ban ini memiliki daya cengkeram yang baik dan membantu kendaraan saat menikung dan melakukan pengereman, sehingga sangat cocok digunakan pada jalanan yang licin atau berlumpur.

Akan tetapi kendaraan yang menggunakan ban jenis ini tidak nyaman saat dipacu. Pada kecepatan tinggi kendaraan akan bergetar karena Namun alur jenis ini agak kurang nyaman saat kendaraan berada pada kecepatan tinggi, efeknya kendaraan akan bergetar karena kontur ban yang bertolak belakang dengan gestur aspal yang vertikal.


Alur Kembang RIB-LUG


Merupakan perpaduan antara RIB dan LUG, alur jenis ini pada ban bertujuan untuk menjaga kestabilan ban saat berjalan lurus dan kemampuan pengereman yang baik. Alur ban jenis ini biasa dipakai pada bagian depan dan belakang bus/ truk.

Ban dengan permukaan seperti ini kerap dipakai untuk jalan berbatu, jalan tanah dan jalan aspal tidak rata.


Alur Block/Kotak


Jenis ini memiliki alur lekukan yang memadukan antara lekukan horizontal dan vertikal. Ban dengan alur seperti ini memiliki tingkat kestabilan yang sangat baik terhadap perubahan cuaca, baik panas maupun dingin.

Akan tetapi ban jenis ini juga memiliki sedikit kelemahan yang harus dicermati, yakni ban mudah aus jika dipakai di jalan aspal biasa, tanda-tandanya adalah permukaan ban seperti bergelombang.


Alur Cross/Menyilang

Ban jenis ini memiliki arah lekukan yang saling menyilang, tujuannya untuk mendistribusikan udara dan memecah air saat aspal basah.

Ban jenis ini optimal digunakan di jalanan basah, dapat dipacu pada kecepatan tinggi dan kemampuan mengerem yang baik. Arah putar dari ban jenis ini biasanya dicap di dinding ban.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kontur permukaan ban tersebut maka Anda dapat lebih mudah mengetahui jenis ban yang dibutuhkan oleh kendaraan Anda.



[beritagar.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar