20 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Asyik


Kegiatan ngabuburit adalah kegiatan yang kini banyak sekali dilakukan oleh setiap orang. Bisa dikatakan bahwa disetiap kota kini terdapat tempat-tempat khusus untuk ngabuburit. Penyebutan ngabuburit sendiri bisa dikatakan belum terlalu lama terkenal. Kata ngabuburit yang sebelumnya berasal dari kosa kata bahasa sunda, kini telah menyebar ke seluruh daerah di Nusantara. Bisa dikatakan bahwa kini setiap bulan puasa tiba maka kegiatan ngabuburit adalah salah satu primadonanya.

Banyak tempat ngabuburit yang memberikan pengalaman tersendiri yang sangat berbeda-beda satu sama lain. Ada sebuah kota di Jawa Tengah yang sangat cocok untuk berpetualang menghabiskan waktu ngabuburit. Ada banyak tempat ngabuburit di Semarang yang bisa kita kunjungi untuk menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka yang pastinya tak akan lama.

Sebagaimana kita tahu bahwa Semarang merupakan salah satu kota primadona tempat wisata di Jawa Tengah yang sudah terkenal. Ada banyak tempat wisata di Semarang yang bisa kita kunjungi untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Selain itu ada juga tempat-tempat yang memang hanya buka saat bulan puasa saja. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tempat ngabuburit yang berada di sekitar Semarang. Ada banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk ngabuburit, seperti


1. Simpang lima

Tempat ngabuburit di Semarang yang pertama adalah Simpang Lima, tempat yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu ikon penting dari kota Semarang, Bisa dikatakan bahwa tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tapi tak berkunjung ke Simpang Lima. Sebagai salah satu ikon kota yang sangat penting maka, tak mengherankan jika pada waktu bulan puasa di daerah ini bisa dikatakan cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat kota Semarang.

Mereka yang datang ke Simpang Lima sendiri kebanyakan adalah para anak-anak muda yang menghabiskan waktu bersama komunitas mereka masing-masing. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di daerah Simpang Lima ini. Biasanya menjelang berbuka ada saja komunitas anak muda yang datang dan melakukan beragam aksi. Terkadang juga ada keluarga yang datang bersama, untuk menikmati keramaian di sekitar simpang lima.

Jika waktu berbuka hampir tiba kita tak usah khawatir dengan menu berbuka. Hal ini karena biasanya disekitar simpang lima ada beberapa pedagang yang membuka lapak dagangannya. Para pedagang ini bisanya menjual beraneka ragam menu makanan berbuka, mulai dari makanan ringan hingga lauk pauk. Selain itu lokasi Simpang Lima juga tak begitu jauh dari Masjid Baiturrahman. Jadi setelah berbuka kita langsung menuju Masjid untuk beribadah. Atau bisa juga kita berbuka puasa di Masjid.


2. Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat ngabuburit yang satu ini merupakan sebuah tempat yang cukup spesial. Hal ini dikarenakan selain bisa menjadi tempat untuk mengahabiskan waktu menunggu berbuka, kita juga bisa sekaligus memperdalam ilmu agama. Masjid yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kawasan Semarang dan Jawa Tengah.

Banyak yang datang dan berkunjung ke lokasi ini untuk melihat kemegahan dari Masjid yang satu ini. Karena keindahan dan kemegahannya maka, tak mengherankan jika lokasi ini menjadi salah satu spot foto di Semarang yang cukup terkenal. Bahkan tak jarang ada yng menjadikan lokasi ini sebagai tempat prewedding di Semarang yang juga menjadi favorit.

Pada saat bulan puasa maka pengunjung yang datang ke Masjid ini akan meningkat semakin banyak. Apalagi jika sudah tiba saatnya waktu-waktu libur lebaran, maka pengunjung yang datang akan semakin membludak. Jika kalian datang ke Masjid yang yang satu untuk ngabuburit, tak perlu khawatir dengan menu berbuka. Jika kalian keluar dari kawasan masjid, maka kalian akan menemukan banyak sekali penjaja makanan yang menawarkan beragam jenis makanan berbuka.


3. Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama Semarang merupakan salah satu kawasan yang bisa dikatakan cukup unik dan menarik. Kawasan kota lama ini sendiri hampir mirip dengan kawasan Wisata Kota Tua Jakarta yang juga terkenal. Kawasan kota lama ini merupakan salah satu tonggak sejarah yang berada di Semarang.

Hal ini dikarenakan kawasan ini merupakan tempat yang cukup ramai dan terkenal pada jaman penjajahan Belanda dulu. Jika kita perhatikan secara seksama maka akan kita temukan beragam bangunan tua yang memiliki konsep arsitekstur eropa kuno. Bangunan tersebut adalah sisa peninggalan dari jaman kolonialisme dulu.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa Semarang merupakan salah satu kota pelabuhan dan kota pemerintahan penting pada masa kolonialisme Belanda. Kita bisa berkunjung ke lokasi ini sembari kembali memutar wawasan kita mengenai sejarah Kota Semarang. Ngabuburit sembari belajar sejarah, kegiatan yang bisa mengasah otak dan menambah wawasan. Selain itu di sekitar kawasan kota lama ini juga banyak terdapat cafe serta tempat makan yang akan ramai saat waktu berbuka tiba. Tak ada salahnya kita mengunjungi salah satu tempat tersebut untuk bersantap buka puasa, setelah berjalan mempelajari sejarah kota Semarang.


4. Puri Maerokoco

Jika di daerah Jakarta terdapat Taman Mini Indonesia Indah maka do kawasan Semarang terdapat Taman Maerokoco. Taman yang satu ini memang memiliki konsep yang sama dan mirip dengan TMII yang berada di jakarta. Jika TMII di jakarta memiliki miniatur pulau di seluruh Indonesia, maka di Puri Maerokoco ini kita akan menemukan miniatur Jawa Tengah dengan beragam budayanya.

Kita bisa belajar beragam budaya yang ada di setiap daerah di Jawa Tengah. Hal ini tentunya merupakan sebuah kegiatan yang cukup menarik untuk dilakukan. Apalagi jika kita datang bersama keluarga maka suasana ngabuburit kita akan semakin menyenangkan. Selain dapat menunggu waktu berbuka kita juga bisa belajar dan menambah wawasan mengenai beragam budaya yang ada di Jawa Tengah.

Selain itu lokasi yang satu ini bisa digolongkan sebagai tempat wisata yang cukup murah. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kawasan Puri Maerokoco selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pada saat bulan puasa tiba maka disekitar kawasan ini kalian akan menemukan banyak sekali penjaja menu berbuka puasa yang pastinya akan dapat menggoda selera.

Selain tempat yang disebutkan diatas masih ada beberapa tempat lagi yang bisa kalian datangi, seperti:

  1. Waduk Jatibarang
  2. Goa Kreo
  3. Pantai Marina
  4. Taman Tabanas Bukit Gombel
  5. Jalan Pahlawan
  6. Bukit VW
  7. Mall
  8. Masjid Agung Kauman
  9. Taman Gajah Mungkur
  10. Tugu Muda
  11. Taman Sri Gunting
  12. Taman Kota Pleret
  13. Taman Menteri Supeno
  14. Banjir Kanal Barat
  15. Taman Kota
  16. Pasar Johar


Itu tadi beberapa tempat ngabuburit di Semarang yang bisa kalian kunjungi. Jika kalian mengunjungi salah satu tempat tersebut dijamin kalian tak akan kecewa. Setiap tempat diatas memang sangat terkenal dan sangat pas untuk melakukan kegiatan ngbuburit yang menyenangkan. Semoga bermanfaat.



[tempatwisataunik.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar