Toilet SPBU Gratis atau Bayar, Ini Kata Pertamina


Sudah menjadi pengetahuan bersama jika Anda menggunakan toilet umum di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berlogo Pertamina, terdapat kotak uang di depan pintu masuk. Bahkan, ada beberapa SPBU yang sampai memiliki penjaga di depan toilet dengan berpakaian layaknya karyawan SPBU.

Biasanya penjaga toilet itu memegang uang receh yang posisinya berdekatan dengan kotak uang tersebut. Tujuannya jelas, hanya untuk meminta uang ketika Anda keluar dari toilet. Fenomena ini memang kerap ditemui di SPBU milik swasta atau yang lebih dikenal CODO.

Group Head Communications PT Pertamina Retail, Yoesoef A.S, mengatakan, untuk SPBU COCO milik Pertamina region 3 dan 4 sebetulnya tidak berbayar. Seperti diketahui, MOR (Marketing Operation Region) III itu kode SPBU Jawa bagian barat, dan MOR IV untuk Jawa bagian tengah.

“Di COCO sebetulnya tidak berbayar, hanya saja untuk peningkatan pelayanan dan kualitas fasilitas toilet dan musala, kami menempatkan orang untuk mengelola operasional kebersihan tanpa berbayar,” ujarnya kepada VIVA, Selasa 17 April 2018.

Kata dia, kotak yang ada di depan toilet SPBU COCO regional 3 dan 4 itu hanya bersifat sukarela tanpa ada paksaan. Tiap SPBU COCO juga ditegaskan dilarang untuk menuliskan permintaan tarif yang bertujuan mematok biaya setelah menggunakan toilet.  

“Dan penjaga toilet juga kami larang untuk meminta uang tarif masuk toilet,” jelasnya.



[viva.co.id]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar