Cara Memperbaiki Minyak Rem yang Bocor


Rem memerlukan perawatan yang intensif agar kinerjanya sebagai penunjang keselamatan tetap maksimal. Jika Anda telah memeriksa kondisi rem dan menemukan kebocoran pada oli atau minyak rem, Anda harus segera memperbaikinya.

Anda bisa dengan mudah membawanya ke jasa reparasi mobil atau bengkel. Namun, jika Anda memiliki waktu senggang dan tak ingin menghabiskan waktu lebih lama di bengkel, Anda juga bisa memperbaiki kebocoran oli rem di rumah dengan mudah.

Setelah melakukan deteksi kebocoran oli rem, Anda bisa memperbaikinya dengan mempersiapkan barang-barang berikut ini.

  1. Mur dan kunci pas
  2. Penadah oli
  3. Alat penyedot oli
  4. Petunjuk manual dari produsen kendaraan
  5. Obeng
  6. Sepatu rem baru, bila diperlukan
  7. Vacum untuk selang
  8. Piringan rem baru, kabel rem, dan selang-selang baru sesuai kebutuhan


Anda bisa mulai memperbaiki kebocoran pada oli rem dengan memperbaiki kaliper atau jika sudah rusak parah, bisa mengganti kaliper dengan yang baru, jangan lupa untuk menambahkan pelumas pada kaliper. Ganti kaliper dan beri garis untuk posisi baut sebelumnya. Atur sistem udara yang keluar dan masuk pada piston, pastikan tetap rendah dan sesuai dengan posisi kaliper.

Langkah selanjutnya, setelah melepas semua baut yang ada, buka tutup roda dan ban. Oleskan oli pada bagian yang terlihat berkarat. Selanjutnya, turunkan sepatu rem dan gunakan obeng untuk melepas tromol rem. Bila ditemukan lumuran cairan pada sepatu rem, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Hapus garis rem yang menempel menggunakan vakum untuk selang. Pasang silinder roda baru untuk posisi pengereman yang baru dan kencangkan skrup. Lalu, pasang garis rem baru pada kaliper dan silinder utama serta keluarkan sistem udara sebelumnya.

Terakhir, Anda bisa memasukkan silinder utama yang baru dengan menggunakan kunci soket untuk melonggarkan dan menghapus jejak baut sebelumnya, kemudian kencangkan kembali bautnya. Jangan lupa untuk melepaskan tutup dan kemudian berikan cairan rem baru untuk silinder utama.

Setelah melakukan serangkaian cara untuk memperbaiki kebocoran oli rem, Anda bisa memeriksanya kembali dengan cara menginjak pedal rem dan memastikan tidak ada lagi cairan oli rem yang menetes pada bagian bawah mobil.



[ayoselamat.org]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar