Cara Mudah Deteksi Kebocoran Minyak Rem pada Mobil


Rem merupakan komponen keselamatan yang sangat penting bagi semua jenis kendaraan, termasuk mobil. Untuk itu, kondisi rem haruslah selalu terjaga agar kinerjanya optimal sehingga dapat mencegah Anda dari resiko kecelakaan.

Diperlukan perawatan rutin dan intensif terhadap rem. Salah satunya, mendeteksi kondisi minyak rem. Kebocoran pada minyak rem dapat berakibat berkurangnya performa rem pada mobil. Oleh karena itu, sebelumnya Anda perlu mengetahui ciri-ciri kebocoran minyak rem terlebih dahulu.

Pertama, perhatikan pipa logam untuk rem, piringan rem, metal joints dan karet untuk mengetahui tanda-tanda kebocoran. Bila piringan rem masih baru tetapi Anda harus menambahkan minyak rem, ini tanda bahwa ada kebocoran.

Kedua, lihat apakah ada genangan cairan transparan tipis di bagian belakang bawah mobil Anda. Jika tidak ada tetesan cairan minyak rem yang terlihat, bisa dipastikan tidak terjadi kebocoran minyak rem pada mobil. Anda dapat memastikannya lagi dengan menginjak pedal rem dan amati tanda-tanda kebocorannya.

Kemudian, pastikan silinder utama di bagian belakang kompartemen mesin tertutup dan terpasang dengan rapat. Buka tutup tersebut dan periksa level minyak rem di silinder utamanya.

Terakhir, periksa segel di sekitar push rod dan segel kaliper piston untuk melihat tanda-tanda kebocoran. Perhatikan area yang terdapat tetesan, area basah atau area yang menyembur, mulai dari silinder utama hingga naik ke bagian roda. Perhatikan apakah ada retakan pada selang karet atau bagian yang berkarat.

Demikian cara mendeteksi kebocoran pada oli rem. Jangan malas untuk melakukan perawatan pada mobil Anda demi keselamatan selama berkendara.



[ayoselamat.org]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar