Hati-hati Jangan Salah Pakai, Berikut Jenis-Jenis Sikat Pembersih Mobil


Membersihkan atau merawat mobil diperlukan alat-alat yang memadai. Selain cairan pembersih dan kain lap, sikat juga punya peran penting. Ada banyak jenis sikat yang dijual di pasaran.

Berbagai jenis sikat tersebut ada yang khusus untuk membersihkan eksterior dan interior dengan bahan yang kaku atau lunak. Bentuknya pun beragam dengan fungsi untuk mengjangkau bagian yang sulit di mobil. Berikut jenis-jenis sikat yang bisa digunakan untuk membersihkan mobil dalam dua bagian yakni eksterior dan interior.


Sikat Eksterior

Bagian eksterior yang paling sering menggunakan sikat adalah roda. Untuk membersihkan velg, bisa gunakan sikat berbahan lembut yang umum digunakan pada interior. Celah sempit pada velg bisa menggunakan sikat yang bentuknya seperti kuas melukis bisa digunakan, seperti membersihkan lubang baut.

Berbeda dengan sikat untuk ban mobil yang bahannya lebih kaki dan berukuran besar. Ini untuk memudahkan saat menyikat telapak dan dinding ban sehingga tersapu semua. Sementara untuk membersihkan hendel pintu atau sela-sela emblem pilih sikat pembersih kerak. Bentuknya seperti sikat gigi tapi mempunyai dua sisi yakni kaki dan lunak. Bagian lunak untuk mengjangkau sisi dalam, sedangkat keras sisi luar.

Perlu diwaspadai ketika menyikat bagian eksterior adalah lapisan krom. Lapisan mengilap ini jangan sampai terkena sikat karena bisa menggores lapisannya dan meninggalkan bekas baret halus yang kelamaan menjadi tampak kusam.


Sikat Interior

Jenis sikat pertama yang bisa digunakan untuk interior bentuknya mirip sikat sepatu namun dengan bahan lebih lunak. Sikat ini bisa digunakan untuk membersihkan bangku, dasbor, karpet, plafon, dan panel pintu. Sedangkan untuk sela-sela tombol bisa menggunakan sikat yang memiliki tangkai seperti kuas cat.

Sikat lainnya yang juga bisa digunakan umumnya disebut sikat finishing. Terdari dua bagian yang berbahan lembut dan sisi lainnya berbahan karet kenyal dan meruncing dengan bentuk mirip kuas. Pada bahan kuas lembut bisa dipakai untuk celah antar panel dan bagian yang kurang bersih. Sedangakan yang berbahan kenyal bisa digunakan mencungkil kerak karena bentuknya yang meruncing.

Sama seperti eksterior, ada bagian interior yang tidak boleh tersentuh sikat. Selain lapisan krom di interior, lapisan kulit baik di jok, dasbor atau panel pintu juga dihindari dari sikat. Ini karena berdampak kulit menjadi tergores sehingga merusak tampilan.



[cintamobil.com]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar