Tugu Muda Semarang Sebuah Arsitektur Untuk Mengenang Jasa Pahlawan

alt
Tugu Muda Semarang Sebuah Arsitektur Untuk Mengenang Jasa Pahlawan


Tugu Muda adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu Muda ini menggambarkan tentang semangat berjuang dan patriotisme warga semarang, khususnya para pemuda yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.
Tugu Muda merupakan tugu yang dibangun untuk memperingati pertempuran lima hari di Semarang  pada tanggal 28 Oktober 1945. Tugu Muda semarang didesain oleh Salim dan relif yang terdapat pada Tugu Muda dikerjakan oleh seniman Hendro, dengan peletakan batu pertama pada tanggal 10 November tahun 1951 oleh Gubernur Jateng Boediono, dengan batu yang didatangkan dari Kaliurang dan Parker. Museum ini baru diresmikan bertepatan dengan hari kebangkitan nasional pada tanggal 20 Mei 1953 yang diresmikan oleh Soekarno.
Tugu Muda berbentuk seperti lilin yang mengandung makna semangat juang para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan RI tidak akan pernah padam. Bentuk Tugu Muda merupakan tugu yang berpenampang segi lima. Terdiri dari 3 bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Pada sisi landasan tugu terdapat relief dan keseluruhan tugu dibuat dari batu. Untuk memperkuat kesan tugunya, dibuat kolam hias dan taman pada sekeliling tugu.
alt
Untuk mempercantik Tugu Muda, dibangunlah sebuah taman yang mengelilinginya. Di taman ini di beri beberapa ornamen agar Tugu Muda dapat dijadikan sebagai taman kota, antara lain ada air mancur, lampu-lampu warna putih dan kuning yang dapat menambah kesan anggun di malam hari. Pada taman terdapat pohon cemara, duplikasi senjata bambu runcing yang tegak berdiri berjajar sebanyak 5 (lima) buah yang menggambarkan Pertempuran lima hari di Semarang dengan bersenjatakan bambu runcing.
Pada bagian kaki tugu terdapat relief dengan lima buah sangga pilar,berbagai macam relief tersebut juga dimaksudkan sebagai lambang Pancasila. 



[sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar