Hati-hati, Mobil Diparkir Terlalu Lama Bisa Bikin Ban Rusak


Mobil yang diparkir terlalu lama bisa menimbulkan efek negatif pada beberapa komponen kendaraan. Salah satu yang berpotensi rusak adalah ban.
Bagi Anda yang kini jarang atau bahkan hampir tidak memakai kendaraan untuk aktivitas sehari-hari karena terkait imbauan WFH atau penerapan PSBB, ada baiknya memperhatikan kondisi mobil Anda.

Dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, mobil parkir berbulan-bulan bisa membuat komponen ban cepat rusak. Penjelasannya, jika ban menahan beban dalam satu posisi secara terus menerus, maka akan membuat ban berubah bentuk. Akibatnya, saat mobil dikendarai akan timbul suara mengganggu dari roda.

Suparna pun memberikan solusi sederhananya, yakni dengan mengendarai mobil dalam jarak dekat dengan interval minimal seminggu sekali.

"Ada baiknya seminggu sekali kendaraan dipanaskan dan dibawa jalan keliling kompleks sekitar 5-10 menit saja," ujar Suparna, kepada detikOto.

Tujuan melakukan hal itu adalah supaya ban bisa tetap terjaga balance-nya, sehingga mencegah ban menjadi tidak rata akibat parkir terlalu lama.

"Setelah mobil dibawa keliling dan kemudian diparkir lagi di garasi, posisinya akan berubah dari awal (dan beban yang diterima ban pun akan berbeda-Red)," jelas Suparna.

Selain mengendarai mobil seminggu sekali, Suparna juga menyarankan agar mesin mobil dipanaskan secara statis dalam tempo 2 sampai 3 hari sekali. Hal itu bertujuan agar sistem kelistrikan mobil tidak mengalami drop.

"Pemanasan bisa dilakukan 5 menitan saja sudah cukup, dengan gas sesekali sedikit ditahan. Ini penting untuk menjaga sistem pengisian daya battery (aki-Red)," tukasnya.




[sumber]
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar