Tips Liburan Akhir Tahun Aman saat Pandemi Covid-19



Liburan atau traveling selama masa pandemi sangat berbeda dengan yang biasa kita lakukan. Pasalnya, ada protokol kesehatan tambahan yang harus kita lalui sebelum berwisata, seperti melampirkan sertifikat vaksinasi, bukti hasil tes PCR atau antigen Covid-19, serta karantina untuk mencegah penularan virus Corona. Karena itu, penting bagi Anda dan keluarga mengikuti aturan dan protokol kesehatan terbaru untuk memastikan perjalanan yang aman.

1. Pastikan Level Covid-19 di Daerah Tujuan Wisata Meskipun sudah divaksinasi, Anda wajib memastikan tingkat atau level Covid-19 di daerah tujuan wisata, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Jika angka Covid-19 tinggi, hal tersebut menimbulkan risiko lebih besar bagi Anda dan keluarga tertular virus Corona. 

2. Ketahui Batasan Saat berada di tempat tujuan, Anda akan mendapati pembatasan aktivitas atau level PPKM yang mungkin berbeda dari tempat tinggal Anda. Cari tahu syarat akivitas di wilayah tersebut, termasuk aturan makan di tempat (dine in), pusat perbelanjaan, atraksi atau tempat wisata, dan aturan lainnya. 

3. Rencanakan Tes Covid-19 (PCR atau Antigen) Sebelum pergi liburan akhir tahun, Anda harus memastikan kebutuhan hasil tes Covid-19 sebagai salah satu syarat perjalanan. Cek kembali aturan yang berlaku sebelum melakukan tes PCR atau Antigen lewat informasi resmi, baik dari pemerintah maupun maskapai penerbangan. Perencanaan yang matang bisa mengurangi kecemasan dan menghemat biaya karena Anda tidak perlu melakukan tes Covid-19 pada menit-menit terakhir. 

4. Jaga Jarak di Pesawat Mengacu pada data, virus Covid-19 tidak mudah menyebar di dalam pesawat. Pasalnya, udara terus disaring dan bersirkulasi di kabin. Namun, penerbangan yang padat dapat mempersulit jaga jarak (social distancing) sehingga penting untuk membatasi kontak dan mengenakan masker selama penerbangan. Alih-alih menggunakan boarding pass kertas atau menyerahkannya kepada staf untuk diperiksa, pilihlah boarding pass elektronik yang dapat Anda tampilkan melalui gadget. 

5. Pilih Aktivitas Aman Pilihlah aktivitas yang aman setelah tiba di destinasi wisata. Saat memasuki dan meninggalkan fasilitas atau tempat apa pun, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan bersih setidaknya selama 20 detik menggunakan air sabun atau hand sanitizer. Jangan lupa untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan sanitasi selama liburan akhir tahun ini.


[sumber]


Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar